Minggu, 15 Januari 2012

NOVEL PERTAMA DI DUNIA DITULIS WANITA

Menurut riset, novel pertama di dunia ditulis oleh seorang wanita Jepang bernama Murasaki Shikibu dengan judul ‘Genji Monogatari ‘ (‘The Tale of Genji’ atau 'Kisah Sang Genji'), di tahun 1007 atau abad ke 11, di era Heian. Novel ini juga novel psikologi pertama. Terdiri dari 54 bab dan lebih dari 1000 halaman setelah diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris dan 4400 halaman braile yang diselesaikan oleh 5 orang wanita Jepang dalam waktu 5 tahun (2003-2008).

Plotnya tentang seorang keturunan raja bernama Genji yang diturunkan pangkatnya karena alasan politis. Genji terlibat cinta segitiga dengan Ibu Tirinya yang tentu saja tabu, selain juga ia sudah beristri pada waktu itu. Karena cintanya yang tak sampai, Genji terlibat banyak affair gak gak puguh yang berakhir pada kesadarannya untuk kembali kepada istrinya. Rujuknya Genji dan istrinya membuahkan seorang putra, malang baginya, sang istri meninggal begitu putranya lahir. Saat inilah ia bertemu dengan seorang wanita yang akan menemaninya hingga akhir hayat bernama Murasaki.

Bagi para penerjemah, 'The Tale of Genji' merupakan tantangan luar biasa dari segi tata bahasa dan karakterisasinya. Novel ditulis oleh seorang wanita untuk pembaca wanita yang di dalam tata bahasa Jepang, harus menggunakan tata bahasa khusus. Dan pada era Heian, adalah tidak sopan menyebutkan nama seseorang sehingga karakter dalam novel yang jumlahnya ratusan hanya ditandai dengan sebutan atau gelar mereka. Saking khususnya, bahkan orang Jepang sendiri musti mempelajari tata bahasa yang digunakan di novel ini.
Hingga kini 'The Tale of Genji' sudah diterjemahkan 88 kali, diadaptasi ke dalam film, manga dan opera. (nb)

[Sumber:http://www.ceritamu.com/TahukahKamu/TahukahKamu/NOVEL-PERTAMA-DI-DUNIA-DITULIS-WANITA.aspx]

0 komentar:

Poskan Komentar